JURNAL LINGKUNGAN HIDUP

BUMI LESTARI LANGIT BEBAS POLUSI

Profil Lingkungan Hidup Propinsi Bengkulu April 14, 2009

Filed under: Profil — Urip Santoso @ 4:02 am

Oleh: Prof. Urip Santoso

Ketua Pusat Penelitian Lingkungan Hidup, Universitas Bengkulu, Bengkulu

BAB I

PENDAHULUAN

1.1.  Latar Belakang

Kehidupan manusia sehari-hari, seperti halnya makhluk hidup lainnya di muka bumi, senantiasa mempengaruhi dan dipengaruhi oleh lingkungan tempat mereka hidup. Namun, berbeda dengan makhluk hidup lainnya, interaksi manusia dengan lingkungan sekitarnya dijembatani oleh pola-pola kebudayaan yang mereka miliki.

Akibat aktivitas manusia yang tidak terkendali dalam memenuhi kebutuhan dan ambisinya, telah terjadi kerusakan di muka bumi ini. Sejak awal 1970-an, masalah lingkungan hidup telah menjadi perhatian dunia karena telah nyata berbagai kerusakan lingkungan di berbagai Negara akan mengancam bukan saja kehidupan makhluk hidup seperti hewan dan tumbuhan tetapi juga mengancam kelangsungan hidup manusia di bumi.

Berbagai kerusakan di Indonesia telah banyak terjadi dan kondisinya terus mengkhawatirkan jika tidak ada upaya pengendaliannya. Berbagai kerusakan lingkungan di Indoensia terutama adalah karena dampak dari kemiskinan dan kegiatan industri. Berbagai kerusakan antara lain adalah kerusakan hutan, erosi tanah, kepunahan satwa liar, kepunahan tumbuh-tumbuhan, penurunan stok ikan dan udang, pencemaran limbah rumah tangga dan pabrik, dan kerusakan-kerusakan ekosistem lainnya.

Untuk mencegah kerusakan lebih lanjut dan meningkatkan kualitas lingkungan hidup perlu dilakukan upaya pengendalian dan perbaikkan lingkungan.

 

1.2.            Tujuan dan Sasaran

Tujuan penulisan buku ini adalah untuk menganalisis kualitas lingkungan di  Sumatera. Dari hasil analisis tersebut akan dihasilkan sejumlah upaya dan rekomendasi untuk menjaga dan meningkatkan kualitas lingkungan. Buku ini diharapkan dapat menjadi salah satu masukkan bagi pemerintah dalam menentukan kebijakan pembangunan, dan juga bagi masyarakat dalam melaksanakan aktivitasnya sehari-hari, baik mereka sebagai pengusaha, pegawai, pedagang ataupun lapisan masyarakat lainnya.

 

1.3.  Ruang Lingkup

Ruang lingkup kualitas lingkungan hidup Sumatera dimulai dengan kajian profil lingkungan hidup di Sumatera, tingkat kerusakan lingkungan dan proyeksi ke depan. Kemudin berdasarkan kualitas lingkungan tersebut, kemudian diuraikan tentang pemanfaatan lingkungan yang ada sekarang dan bagaimana seharusnya pemanfaatan yang ideal. Selanjutnya juga dikaji tentang isu mutakhir tentang lingkungan hidup yang sampai sekarang masih tetap menjadi isu hangat yang belum terpecahkan atau juga isu lingkungan hidup yang memang muncul dalam tahun-tahun terakhir yang menimbulkan polemik di masyarakat baik secara administrasi maupun  lingkungan fisik-sosial dan budaya. Disini juga dibahas upaya pengendalian lingkungan di Sumatera.

 

1.4.  Pendekatan dan Metode

Wilayah studi lingkungan hidup ini adalah seluruh Sumatera yang dibagi berdasarkan propinsi. Metode penulisan ini adalah analisis deskriptif, dimana pada tahap pertama dilakukan mengumpulan data dan informasi dari berbagai sumber.

Data sekunder diperoleh dari berbagai sumber antara lain adalah sebagai berikut:

1. BPS Daerah Propinsi  dan Kabupaten se Sumatera.

2. Data basis lingkungan tiap propinsi se Sumatera.

3. Data dari lembaga instutusi yang menangani program konservasi tiap daerah

    local.

4. Status Lingkungan Hidup Indonesia.

5. Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral khusus untuk Sumatera.

6. Master Plan Propinsi se Sumatera.

7. Tata Ruang Propinsi se Sumatera.

8. Bappenas mengenai rencana pembangunan daerah Propinsi se Sumatera.

9. Departemen Kehutanan mengenai kondisi dan pembangunan daerah

    propinsi se Sumatera.

10. Komite Nasional Pengelolaan Ekosistem Lahan Basah untuk wilayah

      Sumatera.

11. Departemen Pertanian mengenai program pembangunan pertanian se

      Sumatera.

12. Statistik Perlindungan Hutan dan Konservasi Alam se Sumatera.

13. Rehabilitasi lahan dan konservasi tanah se Sumatera.

14. Bahan-bahan lain baik dari internet, jurnal, majalah, Koran ataupun

     sumber-sumber lain yang dapat digunakan untuk mendukung penulisan

      buku ini.

Data dan informasikemudian dianalisis dan kemudian diinterpretasikan secara deskriptif dan ditampilkan dalam bentuk tabulasi, grafik, peta, foto atau bentuk-bentuk lainnya apabila diperlukan untuk memperoleh gambaran tentang kualitas lingkungan hidup di sumatera.

Status komponen lingkungan hidup dianalisis dan berdasarkan data dan informasi tersebut diinterpretasikan mengenai status lingkungan hidup. Interpretasi data dan informasi ditarik berdasarkan pemikiran induktif, yaitu menginterpretasikan dari data dan informasi yang spesifik menjadi ketentuan umum. Jika dimungkinkan proyeksi status lingkungan juga dijelaskan secara kualitatif. Beberapa status lingkungan didekati dengan menggunakan analisis dengan metode kuantitatif.

 

2 Responses to “Profil Lingkungan Hidup Propinsi Bengkulu”

  1. SonyaSunny Says:

    Hi there,
    Ugh, I liked! So clear and positively.
    Have a nice day


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s