JURNAL LINGKUNGAN HIDUP

BUMI LESTARI LANGIT BEBAS POLUSI

Pengelolaan Kesuburan Tanah March 15, 2012

Filed under: lingkungan — Urip Santoso @ 11:47 pm
Tags: ,

Kesuburan tanah sangat penting bagi produktivitas berbagai tanaman. Tanah yang subur akan menghasilkan produksi tanaman yang tinggi, sebaliknya tanah yang tidak subur akan menghasilkan produksi yang rendah. Lalu bagaimana mempertahankan kesuburan tanah? Bagaimana pula mengelola lahan yang tidak subur agar menjadi subur? Berikut ini saya sajikan tulisan tentang pengelolaan kesuburan tanah.

Pengelolaan Kesuburan Tanah

Advertisements
 

6 Responses to “Pengelolaan Kesuburan Tanah”

  1. tata titi Says:

    sebaiknya tanah di beri pupuk alami karena jika tanah tidak di beri pupuk maka akan menghambat pertumbuhan tanaman

  2. maharano bagas p Says:

    Menjaga kesuburan tanah sangatlah penting untuk melestarikan kelangsungan mahluk hidup dan lingkungan sekitarnya.

  3. monica sari sianturi Says:

    Menurut saya dalam pengelolaan kesuburan tanah itu tidak perlu tanah itu dibiarkan kosong selama 5-15 tahun karena hal itu akan mengakibatkan tumbuhnya semak belukar dan kepada masyarakat yang akan mengolahnya ulang akan kesusahan dan kesulitan. Untuk menambah kesuburan tanah itu perlu pemberian pupuk-pupuk organik dan cara penanaman tanaman pangan harus senantiasa bergantian misalnya dari tanaman padi beralih kepada jagung, dari jagung ke kacang tanah dan selanjutnya (jika tanah tersebut tanah kering/bukan rawa). Karena setiap tanaman itu beda-beda dalam penyerapan sumber hara dan sumber nutrisi dari tanah.

    Sekian dan terimakasih.

  4. Agusri Ramadhan, PSDAL XVIII UNIB 2016 Says:

    Tanah merupakan tempat tumbuhnya berbagai macam tanaman dan tentu sebagai alas kehidupan makhluk hidup lain di bumi ini, baik hewan maupun manusia.
    Tanah sangat dibutuhkan oleh petani yang menggantungkan hidupnya dari hasil panen. Jika tanah di lingkungan petani subur, maka akan sangat cocok untuk di tanami berbagai tanaman. Hasil pertanian tersebut bisa digunakan untuk memenuhi penghidupan sendiri ataupun bisa dijual sebagai salah satu komoditi pertanian.

  5. menurut saya, untuk mempertahankan kesuburan tanah seperti lahan pertanian, perlu diperhatikan pemberian pupuk dan pestisida, sebaiknya gunakan pupuk organik

  6. Nursaadah Istiqamah Says:

    melihat keadaan dunia saat sekarang ini sangat perlu pengolahan kesuburan tanah, karena sekarang banyak yang tidak berpikir panjang dalam bertindak contohnya membuang sampah plastik sembarangan, menggunakan detergen dan sejenisnya secara berlebihan, penggunaan pupuk yang bnyak mengandung bahan kimia sehingga merusak zat hara dalam tanah.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s