JURNAL LINGKUNGAN HIDUP

BUMI LESTARI LANGIT BEBAS POLUSI

EFEK PEMBUKAAN KEBUN KOPI RAKYAT DI LAHAN BERLERENG DI KECAMATAN NASAL KABUPATEN KAUR PROVINSI BENGKULU TERHADAP BAHAYA DEGRADASI LAHAN July 10, 2012

Filed under: lingkungan — Urip Santoso @ 11:24 pm
Tags: ,

 

Oleh : Ivan Roy

ABSTRAK

 Kerusakan tanah adalah  proses atau fenomena penurunan kapasitas tanah dalam mendukung kehidupan dengan hilangnya  atau menurunnya fungsi tanah, baik fungsinya sebagai sumber unsur hara tumbuhan maupun maupun fungsinya sebagai matrik tempat akar tumbuhan berjangkar dan tempat air tersimpan. Proses  kerusakan tanah sebagai proses atau fenomena penurunan kemampuan tanah dalam mendukung kehidupan pada saat ini atau pada saat yang akan datang yang disebabkan oleh ulah manusia.

Faktor penyebab degradasi disebabkan oleh 2 faktor utama yakni ulah manusia dan kondisi lingkungan. Kondisi lingkungan ini termasuk tipe kelerengan lahan, semakin tinggi kelerengan lahan maka tingkat degredasi lahan semakin besar. Pembukaan kebun kopi pada lahan berlereng dengan tanpa pengolahan lingkungan yang berkelanjutan seperti kebun tanpa naungan ataupun tanaman pelindung memberi dampak posistif penurunan produktivitas lahan, produktifitas tanaman dan pendapatan petan.

Secara geografis penutupan vegetasi lahan bahwa kecamatan Nasal memiliki 65,03 % areal semak belukar dan perkebunan  lahan terbuka sedangkan  tingkat kemiringan bergelombang berbukit  sampai bergunung mencapai 95,95 % . Dilokasi ini aktifitas masyarakat sangat aktif dengan  budidaya pertanian dengan tanaman keras dimungkinkan bahwa efek degradasi lahan tersebut  sangat besar tejadi.

Ditinjau dari segi lingkungan, perkebunan pola agroforestry/hutan rakyat merupakan salah satu bentuk untuk pengendalian atau rehabilitasi kerusakan lahan dimana keragaman hayati didalam lahan akan bertindak sebagai penghadang fisik antara air hujan dan permukaan tanah, sehingga air hujan yang jatuh menetes secara perlahan, tidak menghempas permukaan tanah sehingga run off dan erosi dapat diperkecil.

 Kata Kunci :  Kebun Kopi Rakyat, Lahan Berlereng, Bahaya Degradasi Lahan

Selengkapnya

 

7 Responses to “EFEK PEMBUKAAN KEBUN KOPI RAKYAT DI LAHAN BERLERENG DI KECAMATAN NASAL KABUPATEN KAUR PROVINSI BENGKULU TERHADAP BAHAYA DEGRADASI LAHAN”

  1. Efek pembukaan lahan untuk perkebunan kopi bisa dikurangi di wilayah hutan daerah Kabupaten Kaur dengan memberikan solusi kepada Pemerintah untuk memberikan kesejahteraan kepada masyarakat namun tidak hanya pembukaan Lahan untuk Perkebunan Kopi yang lebih di kwatirkan adalah pembukaan lahan oleh PErusahaan untuk Perkebunan sawit dengan skala besar.

  2. Efek Pembukaan Lahan Oleh masyarakat untuk perkebunan kopi dapat di minimalisir oleh campur tangan Pemerintah dengan cara yaitu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan pembangunan infrastruktur yang memadai, namun yang lebih berbahaya adalah pembukaan perkebunan sawit oleh perusahaan yang berskala besar sangat berdampak pada degradasi lahan dan iklim

  3. saya kurang setuju apabila tanaman kopi ditanam secara monokultur karena sifat tanaman perkebunan berbeda dengan tanaman kehutanan dan lebih berdampak ke lingkungan, menurut saya seharusnya ditanam dengan sistem agroforestry

  4. dodi haryono Says:

    perkebunan kopi rakyat di kecamatan Nasal Kabupaten Kaur biasanya sudah memakai pohon pelindung atau naungan untuk mengurangi degradasi tanah, namun demikian dengan pembukaan hutan menjadi kebun kopi ini tanah pasti akan terdegradasi.

  5. ikhwan efendy Says:

    perlunya pengalihan sumber pencarian bagi petani kopi yang terletak di lereng aliran sungai, dan perlunya pengawasan agar tidak terulang kembali pembukaan lahan di lereng aliran sungai kecamatan nasal tersebut………..

  6. hermy puspita sari, PSDAL Unib Says:

    pembukaan lahan di sebuah lereng akan berakibatkan sebuah bencana alam dimana akan merusak ekosistem dan penggundulan untuk itu diperlukan adanya peran pemerintah untuk mengawasi agar petani kopi tidak memperluas lahan di lereng aliran kecamatan nasal


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s