JURNAL LINGKUNGAN HIDUP

BUMI LESTARI LANGIT BEBAS POLUSI

MENUJU PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN. Membangun tanpa merusak lingkungan June 13, 2013

Filed under: Uncategorized — Urip Santoso @ 3:06 am
Tags: , ,

Oleh:  Wiryono
Pondahuluan
Untuk memenuhi kebutuhan hidupnya manusia mengeksploitasi sumberdaya mengolahnya menjadi produk-produk alam dan yang sesuai dengan keperluannya. Sejalan dengan pertumbuhan penduduk dan peningkatan gaya hidup maka kebutuhan akan sumberdaya alam meningkat. Eksploitasi sumberdaya alam dan pemanfaatanya yang didasarkan pada kepentingan ekonomi jangka pendek telah menimbulkan dua sisi kerusakan lingkungan. Di satu sisi terjadilah penyusutan sumberdaya alam dan di sisi lain terjadilah penumpukan limlah yang mengakibatkan polusi.
Jika pembangunan yang hanya mementingkan kepentingan ekonomi jangka pendek diteruskan maka kerusakan lingkungan akan semakin parah sehlngga generasi mendatang tidak lagi memiliki sumberdaya alam untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dan akan hidup dalam kondisi lingkungan yang tidak sehat. Agar kita dapat mewariskan lingkungan dalam keadaan baik sehingga generasi mondatang masih dapat memenuhi kebutuhan hidupnya maka kita perlu melaksanakan pembangunan tanpa merusak lingkungan, atau yang disebut pembangunan berkelanjutan.
Meskipun jargon pembangunan berkelanjutan sudah dipopulerkan sejak tahun 1980-an, pada kenyataannya pelaksanaan pembangunan di lndonesia, termasuk di provinsi Bengkulu, masih
menittkberatkan pada pembangunan ekonomi jangka pendek. Para kepala daerah berupaya keras untuk meningkatkan PAD. Kawasan konservasi dan hutan lindung yang tidak boleh dieksploitasi dianggap sebagai penghambat pembangunan. Ada keinginan sebagian pejabat dan masyarakat untuk mengalihfungsikan kawasan konservasi dan hutan lindung mienjadi kawasan budidaya sehingga dapat diolah dan menghasilkan uang.

Selengkapnya.

Advertisements
 

16 Responses to “MENUJU PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN. Membangun tanpa merusak lingkungan”

  1. nike setiani Says:

    iya pak saya setuju dengan artikel ini , sharusnya masyarakat dan pemerintah perlu memperhatikan lagi bahwa sumberdaya alam saat ini sudah smakin berkurang, karena lahan-lahan yang kosong atau hutan-hutan yang ada sudah di jadikan pembangunan untuk kepentingan ekonomi saja, tanpa mereka sadari apa akibat yang akan terjadi nanti.
    mereka hanya memikirkan kebutuhan ekonomi tanpa memikirkan ksehatan lingkungan dan kesehatan dirinya padahal bencanadi jaman skarang ini sudah sering terjadi, dan menurut pendapat saya seharusnya mereka mendirikan pembangunan di sertai menanam hijauan di dekitar bangunan tersebut agar hijauan di daerah kita ini masih terus di lestarikan!

  2. hazelin wulandari Says:

    Menurut saya pemerintah kurang disiplin dalam menjaga hutan lindung serta pengawasan bagi pemerintah yang kurang profesional dalam menjaga hutan terhadap pembalak hutan secara liar. Apa lagi sekarang di kalimantan banyak sekali pembalak liar dari malaysia dengan bebas mengambil hutan sedangkan pemerintah diam saja sambil menonton dan dimintai keterangan hanya bisa berkomentar seribu alasan dan saling menyalahkan.

  3. nah ini yang sulit dilakukan. membangun tanpa merusak lingkungan. wuih… sulit sekali

  4. luar biasa Prof artikelnya…. mari bergabung bersama kami dalam menciptakan lingkungan hidup yg lebih baik dengan penanaman pohon kurma di seluruh INdonesia… ditunggu masukannya Prof… tetap semangaaaaatttt…. istiqomah

  5. Olobaho Says:

    Butuh leader by example, karena pembangunan itu eksekutornya adalah pemerintah. Contohnya MP3EI di era SBY (masihkah di era Jokowi-JK?) jelas-jelas model pembangunan tersebut menghancurkan lingkungan hidup, apa bisa dijadikan contoh???? jadi pemerintah/presiden harus menjadi leader by example

  6. BURSAMIN Says:

    BURSAMIN

    PSDAL – BENGKULU UNIVERSITY FORCES TO 18

    DISAGREE
    Because, Hope And Desire In Improving Pad Only to the point Draft Release of Liability. Caused By, Related Party Care Less And Concerned Against Actual Conditions, As a result, Community Neighborhood Lost Livelihood Enhancement And Impact On Unemployment. In principle, Community Not Too Questioning Environmental Problems During Transfer Function Not Disadvantaged. In fact, Impact Losses Such Derived From Conflict Investor and Stakeholder But Impact On Society. Efforts so Canceled Regional Development. Unilateral utilization Often Appear, Conflict Often Happens That would lead to the occurrence of Criminality As a result of riots. Need To Do Inspection On Tight From Stakeholders

  7. Yahumri PSDAL Angkatan XVIII Says:

    1. Pembangunan dengan konsepsi ramah lingkungan merupakan keniscayaan dalam keberlangsungan hidup suatu ekosistem.
    2. Pewarisan akan menjadi kenyataan ketika norma-norma dalam pembangunan itu sendiri ditegakkan.
    3. Mari kita berbuat sesuatu yang lebih baik untuk kita wariskan kepada anak cucu kita

  8. Assalammualaikum wr wb….

    Dalam Sebuah Makna Yang Tersirat =
    ”Sesungguhnya aku telah mengatur urusan kamu, tetapi aku bukanlah org yg paling baik di kalangan kamu maka berilah pertolongan kepadaku. Kalau aku bertindak lurus maka ikutilah aku tetapi kalau aku menyeleweng maka betulkan aku!” (Khalifah AbuBakar )….!!!

  9. KOMENTAR KE 2 :

    Ketika kita mulai meninjau Pembangunan merupakan salah satu usaha yang sebenarnya sangat membantu manusia. Tetapi bila pembangunan tidak sesuai dengan tata aturan yang ada, dimana manusia tidak memperhitungkan dampak-dampak yang terjadi dimasa mendatang maka dampak dari perubahan itu akan ditanggung sendiri oleh manusia. Pembangunan yang ada sekarang mempunyai hubungan dengan semuanya, baik itu, iklim, sosial, struktur tanah dan sebagainya. Pemerintah diharapkan mempertimbangkan dengan baik, pembangunan yang dilakukan dan sebaiknya memilih wilayah yang akan dibangun sesuai dan tidak akan merusak ekosistem sekitarnya.

    Wassalam……!!

  10. Weli sulastri Says:

    Perlu memberikan kesadaran kepada masyarakat bahwa sumberdaya alam yang di sekitar kita saat ini lama2 akan habis apabila tidak dikelola secara efisien.

  11. Tulisan yang menarik.
    Saya setuju, bahwa jika pembangunan yang hanya mementingkan kepentingan ekonomi jangka pendek diteruskan maka kerusakan lingkungan akan semakin parah.

    mari bersama menjaga Alam milik kita bersama.

  12. LITMAN (PSDAL 18) Says:

    Pembangunan akan selalu berkembang sesuai tuntutan zaman, namun lebih bijak jika pembangunan harus memperhatikan aspek lingkungan. Sehingga pembangunan itu sendiri bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan bukan sebaliknya.

  13. Jalin Elsaprike, ST Mahasiswa Pasca Sarjana PSDAL Angkatan 18 Says:

    sejatinya pembangunan berkelanjutan yang berwawasan lingkungan tidak terlepas dari proses pengawasan dari semua pihak yaitu pihak pemerintah, pengusaha dan masyarakat yang tinggal di area kegiatan pembangunan, proses tersebut dapat dibagi dalam beberapa tahapan seperti pengawasan tahapan pra (desain detail engenering atau DED) yang harus sinkron dengan kesesuaian dalam RTRW/RDTR Kabupaten/kota, pengawasan tahapan konstruksi yang harus sinkron dengan dokumen kajian lingkungan hidup (AMDAL/UKL-UPL) terkait pengelolaan dan pemantauan lingkungan hidupnya dan pengawasan tahapan operasi yang harus sinkron dengan aturan-aturan regulasi yang ada…kalo dilakukan yakin deh…konsep pembangunan berkelanjutan yang berwawasan lingkungan akan tercapai……

  14. ikhwan efendy Says:

    Pembangunan yang berkelanjutan harus menyentuh semua sektor kehidupan….

    • Nursaadah Istiqamah Says:

      Assalamualaikum wr.wb. Membangun tanpa merusak lingkungan, menurut saya proses pembangunan di Prov. Bengkulu, belum menegaKkan undang2 yang ada, contohnya saja PT. ### di Kabupaten ## melakukan kegiatan “ilegalloging” pohon-pohon besar hutan yang rindang sekarang menjadi gundul, semua kegiatan tersebut pasti ada persetujuan dari pihak yang berwenang di suatu daerah, kalau tidak maka semakin mereka berani, mungkin belum terlalu banyak masyarakat mengetahui keberadaan PT.## yg ada di ##, jUjur saya sangat perihatin, dengan keadaan hutan yang mereka rusak.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s